Trik Mengubah Data Excel Ke Access
Jika anda telah memiliki database dalam bentuk Microsoft Excel
(*.xls), maka anda tidak perlu membuat atau memasukkan kembali data yang
telah ada didalam file Excel anda tersebut. Untuk dapat menggunakan
file Excel anda kedalam Microsoft Access, silahkan ikuti langkah-langkah
berikut ini:
Buat Database baru di Microsoft Access dengan cara:
1. Klik “Create a new file” (pada taskpane)
2. Kemudian Pilih “Blank Database”
3. Kemudian “Save” dengan nama file yang kita inginkan.
4. JIka di simpan (save), maka akan keluar lembar baru untuk membuat table dan sebagainya.
5. Misal kita memiliki file Excel, dan sudah dipersiapkan.
6. Pada Object table”, klik kanan pada lahan putih dibawah “Create table by entering data”. Kemudian Pilih “Import”.
7. Setelah klik import, maka akan muncul menu dibawah ini. Kemudian
rubah file tipe menjadi Microsoft Excel dan cari file yang ingin
dipindahkan ke Microsoft Access. (Misalkan disini saya menggunakan file
Alamat-Dinkes2005.xls
8. Jika sudah menemukan file yang akan di pindahkan ke Microsoft
Access, kemudian klik Import. Maka akan muncul tampilan seperti berikut
ini:
( ) Show worksheets = artinya sheet atau lembar yang kita miliki di
table Excel. Misalnya pada table saya, terdapat 3 (Tiga) Sheet table
yang tersedia di dalam file Excel yang saya miliki. Kemudian pilih Tabel
(Sheet) yang ingin kita gunakan. Misalkan saya menggunakan Sheet
Dinkes. Saya pilih sheet dinkes, kemudian Klik Next.
9. Setelah klik Next, maka akan muncul pertanyaan untuk memilih
apakah baris pertama akan dijadikan variabelnya. Pada pertanyaan ini,
silahkan untuk mengklik “First Row Contains Coloumn Heading”. Setelah
ini selesai, silahkan untuk mengklik Next.
10. Setelah mengklik Next, akan muncul tampilan yang menanyakan
dimana kita akan menempatkan table yang telah kita miliki ini. Apakah
dalam table baru atau dalam table yang sudah ada. Untuk pilihan ini,
silahkan mencoba untuk memilih “In New Tabel”. Setelah memilih menu
tersebut, silahkan untuk mengklik menu Next.
11. Setelah klik next maka akan muncul pesan atau hasil preview dari
table kita, seperti dibawah ini. Setelah itu silahkan mengklik menu
Next.
12. Pada pilihan berikutnya, anda dihadapkan dengan pertanyaan
“Apakah anda akan menentukan variabel yang akan dijadikan primary key?”.
Hasil tampilannya dapat dilihat dibawah ini.
Terdapat tiga pilihan dalam membuat primary key:
1. Let Access add primary key = yang artinya akan dibuat variabel primary key secara otomatis oleh access.
2. Choose my own primary key = yang artinya anda dapat memilih variabel
mana yang ingin dijadikan primary key pada table yang telah dimiliki.
3. No primary key = yang artinya tidak membuat primary key pada table
yang telah ada. Namun anda dapat membuat primary key secara manual (yang
pernah diajarkan dulu, melalui menu table).
Jika telah selesai, silahkan untuk mengklik menu Next. Sebagai
contoh, saya tidak menggunakan primary key secara otomatis, tapi saya
akan membuat primary key secara manual.
13. Setelah itu klik Next, kemudian klik Finish. Maka table yang anda miliki di Excel telah di Import ke dalam bentuk Access.
NB: Membuat Primary Key: Untuk membuat primary key, silahkan masuk ke
dalam table design. Kemudian klik kanan pada variabel yang diinginkan,
lalu pilih primary key (gambar kunci). Pada modul terdahulu telah ada
dibuatkan cara membuat primary key.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar